Jakarta-RMNews: Produk unggulan Kabupaten Bangli, kopi Kintamani dan kerajinan bambu, menarik perhatian buyer global dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2025 di Jakarta. Produk kopi dalam kemasan berhasil mencatat transaksi cukup tinggi, sementara produk bambu menunjukkan potensi pasar yang besar meski masih terkendala kemasan.
Penjaga stan kopi mengatakan, minat pembeli terhadap kopi Kintamani meningkat tajam.
“Kopi kita amat laris pak, hari ini malah tambah ramai peminat,” ujarnya, Sabtu (18/10).
Meski begitu, sejumlah buyer memberi catatan dari sisi kualitas rasa yang dinilai belum maksimal. Hal itu diduga dipengaruhi oleh petani yang belum sepenuhnya melakukan petik merah dan proses pengeringan yang kurang optimal.
Sementara di sektor kerajinan bambu, produk lampu bambu (koling) menjadi primadona, tetapi masih terkendala kemasan.
“Banyak calon pembeli yang mengurungkan niatnya karena sulit membawa barang yang terlalu besar,” ungkap penjaga stan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangli, Nasrudin, yang turut hadir memantau pameran, mengatakan hasil TEI ini akan menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah.
“Yang kita dapatkan di pameran ini kita jadikan bahan evaluasi. Perlu duduk bersama antara petani, pebisnis dan pemerintah untuk pembenahan ke depan, sehingga kopi Kintamani yang sudah punya branding dapat mempertahankan kualitasnya,” ujar Nasrudin.
Terkait kendala packaging produk bambu, Nasrudin menyebut kerja sama dengan PT Pos dan Giro atau ekspedisi lainnya akan menjadi salah satu solusi.
“Kalau peluang pasar bagus, hal itu bukan menjadi persoalan. Banyak jasa pengiriman barang yang bisa dimanfaatkan,” imbuhnya.
Saat ini, lampu bambu ukuran kecil menjadi produk paling laris di pameran, sementara produk sokasi—wadah sesaji khas Bali—tetap stabil diminati pasar lokal.
Ajang TEI 2025 menjadi momentum penting bagi IKM Bangli untuk memperluas pasar internasional, terutama dengan penguatan kualitas produk kopi dan inovasi kemasan produk bambu agar lebih kompetitif di pasar global. (skr)






